Rabu, 11 November 2009

Sejarah Internet Dunia


Adalah Tymothy John Berners-Lee, lahir di London Inggris pada tahun 1955. Setelah menamatkan sekolah di Emanuel School di London, dia belajar fisika di Queen’s College, Oxford University dan lulus tahun 1976. Selama 2 tahun dia bekerja di salah satu perusahaan telekomunikasi di Inggris yaitu Plessey Telecommunications.

Berners-Lee bergabung di CERN (Conseil European pour la Recherche Nucleaire) pada tahun 1980, dan menulis sebuah program yang belum terpublikasikan yang dikenal dengan ENQUIRE, penyambungan bagian yang terpisah dari sebuah informasi, yang merupakan cikal bakal dari lahirnya Web. Pada tahun 1981 dia diangkat menjadi founding director dari Image Computer System Ltd., dan bertanggung jawab pada bagian desain teknik. Pada tahun 1984 dia kembali ke CERN untuk mengerjakan sebuah proyek hypertext global yang sekarang kita kenal sebagai World Wide Web. Berners-Lee merancang sebuah sistem untuk desain Uniform Resource Locator (URL) dan Hypertext Markup Language (HTML).
Pada tahun 1994 Berners-Lee bergabung dengan Laboratory for Computer Science (Massachusetts Institute of Technology (MIT)) di Canbridge Amerika Serikat untuk melanjutkan mengembangkan WWW. Dia kemudian memimpin World Wide Web Commission (W3C), sebuah forum terbuka bagi perusahaan dan organisasi pengguna WWW.

Berners-Lee menulis sebuah buku tentang sejarah Web, Weaving the Web di tahun 2000, yang merupakan penggambaran visinya tentang penggunaan dan masa depan Web. Dia diangkat menjadi anggota oleh organisasi-organisasi pendidikan terkenal di dunia seperti British Computer Society, American Academy of Arts and Sciences, MacArthur Fellowship (1998) dan The Royal Society (2001). Di tahun 2004 dia menerima gelar kebangsawanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar